PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELMA (E-LEARNING FOR MATHEMATICS) BERBASIS LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Siliwangi.

Rosmiati, Ucu (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELMA (E-LEARNING FOR MATHEMATICS) BERBASIS LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
lembar pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ELMA berbasis LMS untuk memfasilitasi pemahaman konsep teorema Pythagoras dan untuk mengetahui kualitas efektifitas pemahaman konsep teorema Pythagoras siswa setelah menggunakan media ELMA. Subjek dalam penelitian ini adalah, 3 orang guru matematika, 5 orang siswa kelas VIII, 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan 31 orang siswa kelas VIII A SMPN 1 Karangnunggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang melalui beberapa tahap yaitu Analyze, Desain, Develop, Implamentation, dan Evaluation untuk mendapatkan produk yang valid dan layak digunakan. Teknik pengumplan data pada penelitian ini yaitu, wawancara, memberikan angket analisis pembeajaran daring, memvalidasi materi dan media, memberikan angket respon pengguna, memberikan angket penilaian guru, dan tes pemahaman konsep teorema Pythagoras. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket analisis pembelajaran daring, lembar penilaian oleh ahli materi, lembar penilaian oleh ahli media, angket respon pengguna, angket penilaian guru, dan soal tes pemahaman konsep teorema Pythagoras. Semua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah dinyatakan layak. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap analyze diperoleh informasi bahwa media pembelajaran yang digunakan menggunakan media yang sudah ada yaitu zoom dan whatsapp, dalam hal ini guru belum pernah mengembangkan media pembelajaran sendiri karena keterbatasan penguasaan teknologi. Pada tahap desain, peneliti membuat flowchart, storyboards, serta mempersiapkan data yang lainnya. Pada tahap develop dihasilkan media ELMA yang berdasarkan penilaian dari para ahli memperoleh kategori valid sehingga dapat digunakan, berdasarkan hasil uji perseorangan memperoleh kategori “sangat baik”, dan berdasarkan penilaian guru matematika memperoleh penilaian dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap implementation, berdasarkan hasil uji lapangan terhadap penggunaan media ELMA yang memperoleh kategori “baik”. Pada tahap evaluation, diperoleh nilai rata-rata postest lebih besar dari nilai rata-rata pretest. Hasil uji effect size (ES) memperoleh hasil 1,84 dengan kategori “besar”. Media ELMA yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media belajar yang dapat memfasilitasi pemahaman konsep teorema Pythagoras. Kata kunci: media ELMA (e-learning for mathematics), LMS (learning management system), pemahaman konsep teorema Pythagoras

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:20
Last Modified: 18 Jan 2023 08:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8179

Actions (login required)

View Item View Item