PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 7 Tasikmalaya)

PAZILAH, VIA SOPIANA (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 7 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI,DAFTAR TABEL.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Via Sopiana Pazilah. (2021). Skripsi. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 7 Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Drs. H. Syamsudin Arnasik, M.Pd, dan Raden Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu minat belajar peserta didik pada pelajaran ekonomi yang cukup rendah, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Kecerdasan Emosional dan Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar yang diduga menyebabkan minat belajar ekonomi menjadi rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Tasikmalaya yang berjumlah 249 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 154. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis uji prasyarat, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil analisis data menunjukkan 1) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari kecerdasan emosional terhadap minat belajar dengan nilai signifikasi 0,000, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (14,825 > 1,976). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,401 > 1,976). 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kecerdasan emosional dan fasilitas belajar secara bersamasama terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000, nilai F hitung lebih besar dari F tabel (415,250 > 3,06). Kata Kunci : Minat, Kecerdasan, Fasilitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:33
Last Modified: 09 Jan 2023 00:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8116

Actions (login required)

View Item View Item