PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 UNTUK MENGEKSPLOR PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN BULAT

RAMDANI, IYUS (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 UNTUK MENGEKSPLOR PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN BULAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN, SUKET REVISI, LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (744kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK IYUS RAMDANI. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 untuk Mengeksplor Pemahaman Konsep Matematik Peserta Didik pada Materi Bilangan Bulat. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 untuk mengeksplor pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat yang layak digunakan, serta mengetahui hasil tes pemahaman konsep matematik peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Hasil tahap Analysis menunjukkan kurangnya pemanfaatan teknnologi informasi dalam pembelajaran serta pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat masih terbilang lemah. Tahap Design menghasilkan draft multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 untuk mengeksplor pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat. Tahap Development menunjukkan hasil bahwa multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 dinyatakan layak oleh tim validator dan menunjukkan respon yang sangat baik dari peserta didik karena semua penilaian validator dan peserta didik berada pada kategori valid dan dapat dipahami. Tahap Implementation dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif kepada 7 orang peserta didik kelas VII B MTs Yapin Cikubang selama 2 pertemuan, dan pada pertemuan ketiga dilaksanakan tes pemahaman konsep matematik peserta didik. Tahap evaluation dilakukan dengan menganalisis hasil tes pemahaman konsep matematik peserta didik. Pemahaman konsep matematik peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 untuk mengeksplor pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat menunjukkan hasil sebesar 85,71% (> 85%) peserta didik memperoleh nilai tes pemahaman konsep matematik ≥ 71, artinya pemahaman konsep matematik peserta didik pada materi bilangan bulat berada pada kategori tuntas. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Penelitian Pengembangan, ADDIE, Pemahaman Konsep Matematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:01
Last Modified: 05 Jan 2023 08:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8085

Actions (login required)

View Item View Item