PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA/MA NEGERI KOTA TASIKMALAYA

HERLIYANI, LINA (2019) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA/MA NEGERI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover lmbr pengesahan.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (315kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

Hasil observasi awal dengan media angket yang dilaksanakan dengan melibatkan guru-guru di MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya diperlukan pengoptimalan kemampuan guru dalam pemahaman mengenai landasan kependidikan, serta pengembangan pengajaran yang berkaitan dengan metode dan bahan ajar. Tujuan dari penelitian: (1) untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru ekonomi SMA/MA Negeri Kota Tasikmalaya (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi SMA/MA Negeri Kota Tasikmalaya, (3) untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi SMA/MA Negeri Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei. populasi dan sampel dalam penelitian merupakan guru-guru ekonomi SMA/MA Negeri Kota Tasikmalaya sebanyak 25 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan program aplikasi SPSS versi 23, yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk pengaruh variabel supervisi akademik (X1) terhadap kinerja guru (Y) adalah sebesar 0,044 < 0,05 dan nilai t hitung 2,135 > tabel 2,079, sehingga dapat disimpulkan bahwa yang berarti ada pengaruh variabel X1 terhadap variabel Y. Dan uji hipotesis secara parsial untuk pengaruh variabel motivasi kerja (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y) adalah sebesar 0,048 < 0,05 dan nilai t hitung 2,096 > t tabel 2,079, sehingga dapat disimpulkan bahwa yang berarti terdapat pengaruh variabel X2 terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan koofisien determinasi simultan pengaruh variabel supervisi akademik dan variabel motivasi kerja terhadap kinerja guru adalah 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 27,861 > F tabel 3,05, sehingga dapat disimpulkan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel Y atau berarti signifikan. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:11
Last Modified: 06 Sep 2019 06:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item