KINERJA DAN KESELAMATAN JALAN PADA PERLINTASAN SEBIDANG (STUDI KASUS JALAN MOHAMAD HATTA KOTA TASIKMALAYA)

Pamungkas, Raynaldy Julio Putra (2021) KINERJA DAN KESELAMATAN JALAN PADA PERLINTASAN SEBIDANG (STUDI KASUS JALAN MOHAMAD HATTA KOTA TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (250kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (381kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (703kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (629kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

KINERJA DAN KESELAMATAN JALAN PADA PERLINTASAN SEBIDANG (STUDI KASUS JALAN MOHAMAD HATTA TASIKMALAYA) Raynaldy Julio Putra Pamungkas1 , H. Asep Kurnia Hidayat Ir., M.T.2 , Gary Raya Prima S.Pd., M.T.3 123Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No.24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia Email : raynaldyjulio@gmail.com ABSTRAK Perlintasan sebidang merupakan persilangan antara jalur kereta dengan jalan raya pada satu bidang yang dilengkapi dengan rambu dan marka. Dalam suatu sistem jaringan jalan, perlintasan sebidang seringkali menjadi titik terjadinya konflik antar moda transportasi. Kondisi seperti ini ternyata telah menimbulkan bermacam-macam masalah lalu lintas, seperti kemacetan, kecelakaan, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perlintasan sebidang Jl. Mohamad Hatta, Kota Tasikmalaya dengan menganalisis volume lalu lintas, tundaan, panjang antrian, dan meninjau kondisi perkerasan yang berpengaruh terhadap keselamatan dengan metode PCI (Pavement Condition Index), serta kekurangan marka dan rambu pada perlintasan sebidang berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No. 770 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Perhubungan No. 36 Tahun 2011. Hasil Penelitian menunjukan arus lalu lintas selama kereta melintas tertinggi pada hari Sabtu adalah 1060 kend/kereta melintas perhari atau 820,8 skr/kereta melintas perhari. Sebagian besar kondisi kelengkapan keselamatan pada lokasi penelitian telah memenuhi peraturan perundangan yang berlaku. Panjang antrian tertinggi terjadi pada hari sabtu pukul 10.25 WIB di pintu sebelah selatan yang memiliki panjang antrian 193 meter. Diperoleh indeks kondisi perkerasan sebesar 58,14 % maka jalan ini tergolong sedang (fair). Kata Kunci: Perlintasan sebidang, Rambu, Marka Jalan, Volume lalu lintas, Panjang Antrian, Indeks Kondisi Perkerasan (PCI)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:17
Last Modified: 03 Jan 2023 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8040

Actions (login required)

View Item View Item