PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TIPE GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-IPS MAN 3 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

ZAKIYYAH, SRI GINA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TIPE GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-IPS MAN 3 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SRI GINA ZAKIYYAH. 2022. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TIPE GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (KUASI ESKPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MAN 3 KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Ai Nur Solihat, S.Pd., M.Pd dan Astri Srigustini, S.Pd., M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik, peserta didik masih kesulitan dalam menganalisis permasalahan-permasalahan yang ada dan cenderung menerima informasi apa adanya. Hal ini diakibatkan karena peserta didik telah terbiasa belajar menggunakan model pembelajaran kovensional dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI-IPS pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Quasi Eksperimental dengan bentuk None-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana penentuan sampel berdasarkan ke aktifan siswa, adapun sampel yang digunakan ialah kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa soal tes uraian. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang berbantukan software SPPS versi 24 diperoleh nilai t hitung > t tabel (7,744>2,000) dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000<0,05 yang artinya Ho ditolak, sehingga hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:16
Last Modified: 03 Jan 2023 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8024

Actions (login required)

View Item View Item