HANDINI, NUR APRI (2022) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING VIA WHATSAPP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP LINGKUNGAN (Studi Korelasi di Kelas X MA YATAMU Pasawahan Tahun Ajaran 2020/. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover.pdf Download (134kB) |
|
Text
2 Lembar Pengesahan.pdf Download (216kB) |
|
Text
3 Pernyataan Keaslian.pdf Download (176kB) |
|
Text
4 Abstrak.pdf Download (164kB) |
|
Text
5 KP DI DT DG DL.pdf Download (182kB) |
|
Text
6 Bab 1.pdf Download (153kB) |
|
Text
7 Bab 2.pdf Download (542kB) |
|
Text
8 Bab 3.pdf Download (484kB) |
|
Text
9 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text
10 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
11 Daftar Pustaka.pdf Download (137kB) |
|
Text
12 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK NUR APRI HANDINI. 2022. HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING VIA WHATSAPP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP LINGKUNGAN (Studi Korelasi di Kelas X MA YATAMU Pasawahan Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pembelajaran Daring via WhatsApp dan kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik pada konsep lingkungan di kelas X MA YATAMU pasawahan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2021 sampai dengan bulan Juni 2022 di MA YATAMU Pasawahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif (ex-post facto) dengan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA YATAMU Pasawahan, sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling/ sampling jenuh yang terdiri dari 46 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi nilai hasil belajar peserta didik pada konsep lingkungan berupa 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essai dan angket kuesioner pembelajaran Daring via WhatsApp berjumlah 24 pernyataan serta angket kuesioner kemandirian belajar berjumlah 20 pernyataan dengan 5 opsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif, signifikan serta kuat antara pembelajaran Daring via WhatsApp dengan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi Pearson sebesar 0,736 (2) Terdapat hubungan yang positif, signifikan serta kuat antara kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi Pearson sebesar 0,644 (3) Hasil korelasi X1 dan X2 dengan Y secara bersama-sama terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai r sebesar 0,758 > 0,05 yang artinya memiliki hubungan kuat secara parsial dan simultan, serta nilai r 2 sebesar 0,575 artinya berkontribusi sebesar 57,5%. Kata kunci: Pembelajaran Daring via WhatsApp, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 08:50 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 08:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8010 |
Actions (login required)
View Item |