ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TRIGONOMETRI

KUSNADI, NINDYA DWIMART (2022) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TRIGONOMETRI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
03 SURAT KETERANGAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
04 SURAT PERSYARATAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, .pdf

Download (418kB)
[img] Text
07 BAB 1.pdf

Download (135kB)
[img] Text
08 BAB 2.pdf

Download (353kB)
[img] Text
09 BAB 3.pdf

Download (158kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK NINDYA DWIMART KUSNADI. 2022. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Trigonometri. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA IT Al-Taufiq Al�Islamy Tasikmalaya dengan jumlah 14 peserta didik. Subjek diambil berdasarkan pertimbangan peserta didik yang melakukan tiga kesalahan, dua kesalahan dan satu kesalahan yaitu sebanyak 3 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pemberian tes soal cerita dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama, dan tes soal cerita trigonometri. Data penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan teori kastolan kesalahan dibagi menjadi 3 bagian yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Subjek yang memiliki tiga kesalahan yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik, (2) Subjek yang memiliki dua kesalahan yaitu kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik, (3) Subjek yang memiliki satu kesalahan yaitu kesalahan teknik. Faktor penyebab terjadinya kesalahan diantaranya tidak memahami materi dengan baik, tidak mampu menyerap informasi dengan baik, dan kelalaian atau kecerobohan. Kata kunci: Kesalahan, soal cerita, trigonometri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:49
Last Modified: 30 Dec 2022 08:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8004

Actions (login required)

View Item View Item