ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI SEL DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR TIER (Studi Analisis Pada Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya)

HARYATI, RINI SRI (2022) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI SEL DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR TIER (Studi Analisis Pada Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYTAAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (481kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (415kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (348kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RINI SRI HARYATI, 2022. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik SMA Pada Materi Sel Dengan Menggunakan Tes Diagnostik Four Tier (Studi Analisis Pada Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Pemahaman terhadap konsep biologi merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran biologi, peserta didik diharapkan tidak hanya menghafal konsep tetapi juga memahaminya. Faktanya masih banyak peserta didik yang keliru dalam memahami konsep dan mengalami miskonsepsi, salah satunya pada konsep sel karena sel merupakan materi yang abstrak dan rumit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik pada materi sel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya dan subjek dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes diagnostik four-tier dan wawancara. Hasil penelitian terhadap 35 subjek didapatkan persentase miskonsepsi peserta didik sebesar 19,5% termasuk pada kategori rendah. Adapun sumber penyebab miskonsepsi terdiri dari peserta didik (59%), buku teks (10%), Guru (17%), dan metode mengajar (14%). Sumber kontribusi kesalahpahaman terbanyak yaitu berasal dari peserta didik itu sendiri dengan persentase sebesar 59% yang disebabkan oleh prakonsepsi, reasoning yang tidak lengkap atau salah, intuisi yang salah, dan minat belajar yang rendah. Miskonsepsi peserta didik pada materi sel di kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 3 Tasikmalaya tergolong rendah dan sumber miskonsepsi terbesar adalah peserta didik itu sendiri. Agar peserta didik dapat menghindari miskonsepsi pada pembelajaran, maka peserta didik harus memiliki motivasi belajar yang tinggi, dapat mengkomunikasikan pemahamannya dengan guru, memilih sumber belajar yang kredibel, dan guru harus dapat mengungkap miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik. Kata Kunci: Miskonsepsi, Tes diagnostik Four-tier, Sel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 00:51
Last Modified: 30 Dec 2022 00:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7991

Actions (login required)

View Item View Item