ULHAQ, DINA (2019) PERAN LEMBAGA YANG TERKAIT DENGAN PROGRAM KORPORATISASI PETANI DI KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (219kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Download (280kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Download (347kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran setiap lembaga dan mengetahui tingkat kinerja lembaga dan kepuasan petani terhadap lembaga yang terkait dalam Program Korporatisasi di Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah survei kepada petani yang pernah menjual gabah kepada PT MDB Cisuka dengan sampel sebanyak 45 orang petani. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan peran lembaga, sedangkan untuk mengetahui kinerja lembaga digunakan Importance Performance Analysis (IPA), dan untuk melihat kepuasan petani terhadap kinerja lembaga digunakan Consumer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 lembaga yang berperan dalam Program Korporatisasi Petani di Kabupaten Tasikmalaya. Pertama, PT MDB Cisuka yang berperan sebagai off taker gabah petani dengan harga yang relatif lebih tinggi untuk meningkatkan posisi tawar petani. Kedua, Gapoktan Cisuka Galunggung berperan sebagai penghubung petani dengan lembaga lain khususnya dengan PT MDB Cisuka dan BRI. Ketiga, BUMDes berperan sebagai pemasar hasil produksi PT MDB Cisuka. Keempat, BRI berperan sebagai penyedia Kartu Tani dan penyedia Kredit Usaha Rakyat (KUR). Atribut yang dinilai kinerjanya belum baik adalah penyerapan gabah dari petani, penyedia layanan sewa alat dan mesin pertanian modern dan pembagian dividen oleh PT MDB Cisuka. Kerjasama BUMDes dengan PT MDB Cisuka dan kontribusi dalam menambah PAD juga merupakan atribut yang kinerjanya rendah dan perlu diperbaiki. Kepuasan petani terhadap lembaga menunjukkan bahwa petani cukup puas terhadap kinerja lembaga. Kata Kunci: Peran, Korporatisasi Petani, Kinerja, Kepuasan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 02:32 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 02:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/797 |
Actions (login required)
View Item |