MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi di KOBER Bunda Tami Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya)

KHOIRUNNISA, NABILA SYIFA (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi di KOBER Bunda Tami Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (414kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text
4. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (366kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (441kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NABILA SYIFA KHOIRUNNISA. 2022. MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN. (STUDI DI KOBER BUNDA TAMI KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Lembaga pendidikan memakai manajemen pendidikan anak usia dini untuk mengelola pendidikan anak usia dini dalam rangka meningkatkan perkembangan anak dan mempersiapkan pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi. Manajemen pendidikan anak usia dini yang dijalankan dengan baik bisa meningkatkan mutu pembelajaran, meskipun melalui proses bertahap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan anak usia dini dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian dilakukan sebab permasalahan seperti masih terdapat tutor yang kurang memahami dalam mengelola pendidikan anak usia dini, kurangnya koordinasi antar pihak penyelenggara program pendidikan anak usia dini, dan kurangnya tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, maka penelitian ini dilakukan. Sekalipun sudah berkonstribusi dalam pelaksanaan manajemen pendidikan anak usia dini, masih terdapat kendala dalam pembinaan yang dilakukan terhadap tutor dalam pembelajaran di KOBER, dan sarana prasarana yang kurang memadai. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen pendidikan anak usia dini meliputi beberapa aspek fungsi yaitu Perencanaan meliputi; kurikulum dan penyusunan program. Pengorganisasian meliputi; pemilihan dan pembagian tugas. Penggerakan meliputi; pemberian motivasi, rekrutmen tutor, kualifikasi akademik, model pembelajaran, dan stimulus dalam pembelajaran. Pengawasan meliputi; penyeliaan dan pemantauan. Penilaian meliputi; teknik, kriteria penilaian pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Secara keseluruhan, itu memenuhi harapan dan mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu peningkatan mutu pembelajaran. Simpulan bahwa manajemen pendidikan anak usia dini di KOBER Bunda Tami Kecamatan Singaparna secara bertahap dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan, Anak Usia Dini, Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Dec 2022 00:39
Last Modified: 29 Dec 2022 00:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item