PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK LINTAS MINAT PADA SUB KONSEP SISTEM ENDOKRIN (Studi Eksperimen di Kelas XI IPS SMAS PGRI 43 Singaparna tahun ajaran 2018/2019)

Sari Dewi, Cita (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK LINTAS MINAT PADA SUB KONSEP SISTEM ENDOKRIN (Studi Eksperimen di Kelas XI IPS SMAS PGRI 43 Singaparna tahun ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0. cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3. ABSTRAK SKRIPSI CITA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (160kB)
[img] Text
5. Daftar Isi Skripsi Cita.pdf

Download (30kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (323kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (754kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sparkol videoscribe terhadap minat belajar dan hasil belajar pada materi sistem endokrin di kelas XI IPS SMAS PGRI 43 Singaparna Kabupaen Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Sepember 2018 sampai Juli 2019 di SMAS PGRI 43 Singaparna. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMAS PGRI 43 Singaparna. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media sparkol videoscribe dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan media power point diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan majemuk hasil belajar sebanyak 31 soal dan angket minat belajar sebanyak 26 pernyataan yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji anacova dengan taraf signifikan (α)= 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media sparkol videoscribe mampu meningkatkan hasil belajar dan minat belajar pesera didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media sparkol videoscribe terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem endokrin dikelas XI IPS SMA Swasta PGRI 43 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Peserta Didik, Kelas XI IPS, Sparkol Videoscribe, Sistem Endokrin, Pengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:31
Last Modified: 06 Sep 2019 02:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item