DESAIN PEMBELAJARAN POLA BILANGAN ARITMETIKA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

ALADAWIAH, AI ROSI NUR (2022) DESAIN PEMBELAJARAN POLA BILANGAN ARITMETIKA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN & SURAT KETERANGAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (434kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (759kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (537kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK AI ROSI NUR ALADAWIAH. 2022. Desain Pembelajaran Pola Bilangan Aritmetika melalui Contextual Teaching and Learning berbantuan GeoGebra. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep barisan dan deret aritmetika. Hal ini terjadi karena peserta didik lebih cenderung diperkenalkan dengan penggunaan rumus tanpa melibatkan konsep itu sendiri dan pembelajaran terpisah dari pengalaman peserta didik sehari-hari. Penelitian ini merupakan desain pembelajaran barisan dan deret aritmetika menggunakan konteks aktivitas menabung uang melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan GeoGebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peranan konteks aktivitas menabung uang dalam membantu pemahaman peserta didik akan konsep barisan dan deret aritmetika di kelas VIII SMP Terpadu Al-Amiin dan menghasilkan suatu lintasan belajar barisan dan deret aritmetika yang berkembang dari bentuk konkret (nyata) ke bentuk abstrak melalui CTL berbantuan GeoGebra. Metode yang digunakan adalah design research dengan tahap preliminary design, design experiment dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, perekaman video, dan memberikan tes tertulis. Instrumen penelitian ini yaitu catatan lapangan, pedoman wawancara, perekam aktivitas pembelajaran, dan soal tes tertulis. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan konteks menabung uang dapat merangsang peserta didik untuk memahami pengetahuan mereka tentang konsep barisan dan deret aritmetika. Seluruh strategi yang peserta didik temukan menunjukkan bagaimana konstruksi dan kontribusi peserta didik dapat digunakan untuk membantu pemahaman awal mereka tentang konsep barisan dan deret aritmetika. Lintasan belajar yang dihasilkan adalah lintasan belajar yang dilalui peserta didik mulai dari menyelesaikan permasalahan situasi dunia nyata, sampai ke dalam bentuk abstrak dengan melalui tahap invitasi, tahap eksplorasi, tahap penjelasan dan solusi, serta tahap pengambilan tindakan. Kata kunci: desain pembelajaran, design research, aritmetika, CTL, GeoGebra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:49
Last Modified: 28 Dec 2022 06:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7939

Actions (login required)

View Item View Item