PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII – H SMPN 4 Kota Tasikmalaya

ADI PRATAMA, BAYU (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII – H SMPN 4 Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
3 Bayu Adi Pengesahan.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6 Bayu Adi Abstraks.pdf

Download (193kB)
[img] Text
5 Bayu Adi Kata Pengantar.pdf

Download (116kB)
[img] Text
7 Bayu Adi Bab 1 - PTK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
8 Bayu Adi Bab 2 - PTK 2 A.pdf

Download (230kB)
[img] Text
9 Bayu Adi Bab 3 - PTK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
10 Bayu Adi Bab 4 - PTK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
11 Bayu Adi bab 5 - PTK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bola voli dengan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas VIII – H SMPN 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Sasaran penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bola voli, setting penelitian pada siswa kelas VIII – H SMPN 4 Kota Tasikmalaya. Data yang diperoleh adalah data hasil belajar berupa pengetahuan, dan psikomotorik. Nilai hasil belajar secara keseluruhan (aspek pengetahuan, dan psikomotor) pada pra siklus rata-rata sebesar 66,60 % atau sebanyak 21 orang siswa yang telah melampaui KKM sebesar 80 %; pada siklus 1 terjadi peningkatan rata-rata sebesar 74,25 % atau sebanyak 25 orang siswa, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata 90,3 % atau sebanyak 31 orang. Artinya KKM telah terlampaui pada siklus ke 2. Berdasarkan temuan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw dalam proses pembelajaran servis atas permainan bola voli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII – H SMPN 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan temuan-temuan dan simpulan tersebut di atas, dapat disarankan agar pembelajaran servis atas permainan bola voli dianjurkan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw. Kepada pihak terkait seperti Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan agar melaksanakan peningkatan mutu guru dengan adanya penataran atau pelatihan mengenai strategi dan metode pembelajaran terutama metode cooperative learning tipe jigsaw. Kata kunci : Belajar, cooperative learning, jigsaw, servis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:30
Last Modified: 06 Sep 2019 02:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item