DESAIN PEMBELAJARAN BILANGAN BERPANGKAT MELALUI INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN GOOGLE JAMBOARD

VIRAWANTI, TIANA (2022) DESAIN PEMBELAJARAN BILANGAN BERPANGKAT MELALUI INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN GOOGLE JAMBOARD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR DAFTAR ISI .TABEL ,GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK TIANA VIRAWANTI. 2022. Desain Pembelajaran Bilangan Berpangkat Melalui Inkuiri Terbimbing Menggunakan Google Jamboard. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks perkembangbiakan Amoeba dan menghasilkan lintasan belajar peserta didik dalam pembelajaran bilangan berpangkat melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan Google Jamboard. Metode penelitian ini menggunakan Design Research (DR), yang meliputi 3 tahapan: desain pendahuluan, percobaan desain, dan analisis retrospektif. Penelitian diawali dengan kajian literatur dan merancang HLT. Rancangan pembelajaran disusun berdasarkan HLT yang selanjutnya diujicobakan melalui 2 tahap, yaitu pilot experiment dan teaching experiment. Analisis retrospektif dilakukan pada masing-masing tahap dengan membandingkan antara HLT awal dengan lintasan belajar aktual. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk mengamati dan mencatat beberapa hal penting berkaitan dengan aktivitas pembelajaran serta kondisi lingkungan yang terjadi, merekam kegiatan pembelajaran untuk memperoleh data mengenai aktivitas peserta didik pada saat design experiment, memberikan LKPD sebagai bahan belajar peserta didik dalam menemukan dan memahami konsep materi bilangan berpangkat, memberikan soal evaluasi, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik SMP Negeri 5 Tasikmalaya kelas IX-B pada tahap pilot experiment dan IX-A pada tahap teaching experiment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran konteks perkembangbiakan Amoeba dapat membantu mempermudah peserta didik untuk membangun konsep dasar dalam menemukan konsep materi bilangan berpangkat. Selain itu, dihasilkan lintasan belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep materi bilangan berpangkat, dengan konteks perkembangbiakan Amoeba melalui inkuiri terbimbing menggunakan Google Jamboard. Kata kunci: Design Research, Bilangan Berpangkat, Inkuiri Terbimbing, Google Jamboard, Lintasan Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:47
Last Modified: 28 Dec 2022 06:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7929

Actions (login required)

View Item View Item