PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS RANKING 1 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN ORGANISASI PERGERAKAN MASA PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI MIPA-7 SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022

AULIA, GINA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS RANKING 1 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN ORGANISASI PERGERAKAN MASA PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI MIPA-7 SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
05 HALAMAN PRIBADI dan UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (204kB)
[img] Text
06 ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
07 KATA PENGANTAR.pdf

Download (194kB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
09 DAFTAR TABEL.pdf

Download (89kB)
[img] Text
010 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
012 BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
013 BAB 2.pdf

Download (268kB)
[img] Text
014 BAB 3.pdf

Download (648kB)
[img] Text
015 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
016 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
017 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
018 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK GINA AULIA, 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS RANKING 1 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN ORGANISASI PERGERAKAN MASA PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI MIPA-7 SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran team games tournament (TGT) berbasis ranking 1 terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang di kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model pembelajaran team games tournament (TGT) berbasis ranking 1 berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 285 orang, dari populasi tersebut diambil sampel yaitu kelas XI MIPA 7 sebanyak 35 orang yang terdiri dari 14 laki-laki 21 perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan cara mengambil sampel secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket. Adapun hasil penelitian yang didapat dari kelas XI MIPA 7 menunjukan adanya peningkatan terhadap minat belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest adalah 40,20 dan nilai rata-rata posttest adalah 51,52. Hasil uji hipotesis yang diperoleh adalah nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 yang mana dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata yang berarti penggunaan model team games tournament berbasis ranking 1 berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pada penggunaan model pembelajaran ini juga siswa membuat siswa belajar namun seperti tidak belajar sehingga membuat siswa menjadi aktif dan interaktif dalam pembelajaran. Kata Kunci : Team Games Tournament, Ranking 1, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:31
Last Modified: 27 Dec 2022 08:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7915

Actions (login required)

View Item View Item