Hardian, Ari and Surahman, Endang and Mustofa, Romy Faisal (2019) Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Media Mind Map Dengan Concept Map. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 7 (4). pp. 44-52. ISSN 2302-1276
Text
PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAP DENGAN CONCEPT MAP.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstrak: Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Media Mind Map Dengan Concept Map. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan media mind map dengan concept map pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTs Al-Ma’rufi Kota Tasikmalaya tahun ajar 2015/2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimental . Sampel diambil dengan teknik total sampling (seluruh populasi dijadikan sampel), yaitu di kelas VII A sebanyak 22 orang menggunakan media concept map dan di kelas VII B sebanyak 23 orang menggunakan media mind map. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan majemuk sebanyak 40 butir soal dengan empat option materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan media mind map dan concept map pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTs Al-Ma’rufi Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: concept map, hasil belajar, media pembelajaran, mind map, pencemaran lingkungan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi > Artikel Dosen Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 06:04 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 06:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7901 |
Actions (login required)
View Item |