PERBANDINGAN METAKOGNITIF PADA PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DAN NON ASRAMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Habibi, Abdul Aziz and Mustofa, Romy Faisal and Ardiansyah, Ryan (2021) PERBANDINGAN METAKOGNITIF PADA PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DAN NON ASRAMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 10 (1). pp. 69-79. ISSN 2549-9890

[img] Text
Perbandingan metakognitif pada peserta didik yang tinggal di asrama dan non asrama pada pembelajaran biologi.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.upgris.ac.id/index.php/bioma/articl...

Abstract

ABSTRAKHasil belajar peserta didik dapatdipengaruhi oleh komponen metakognitifdanjuga lingkungan sekitar.Peserta didikMAN 1 Tasikmalaya tergolong menjadi 2 kelompok yaitu yang tinggal di asrama dan non asrama. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan metakognitif antara peserta didik yang tinggal di asrama dan di non asrama. Metode penelitian berupakausal komparatif dengan purposive sampling. Sampel berupa masing-masing 29 peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2.Tes dilakukan denganMetacognitive Awareness Inventory. Data dianalisis menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnovuntuk mengetahui normalitas data, dilanjutkan dengan uji homogenitas denganLevene Testdan Uji t untuk mengetahui perbandingan antara kedua data tersebut.Skor rata-rata metakognitif peserta didik asrama sebesar 91,96% sedangkan untuk peserta didik non asrama sebesar 88,1%. Data menunjukkanadanyaperbedaan metakognitif antara peserta didik yang tinggal di asrama dan non asrama.Kata kunci: asrama; metakognitif; non asrama; perbandingan

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi > Artikel Dosen Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:34
Last Modified: 27 Dec 2022 02:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item View Item