Nurwulan, Enung and Hernawati, Diana and Mustofa, Romu Faisal (2022) KORELASI ANTARA KECERDASAN NATURALIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 11 (1). pp. 23-24. ISSN 2549-9890
Text
KORELASI ANTARA KECERDASAN NATURALIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAKHasil belajar dicapai dengan baik ketika proses pembelajaran ditunjang oleh aspek penting seperti kecerdasan naturalis dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui hubungan antara kecerdasan naturalis dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri Tasikmalaya sejumlah 6 kelas dengan jumlah siswasebanyak 309 orang.Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 68 orang. Instrumen menggunakanangket untuk kecerdasan naturalis dan kecerdasan emosional. Data hasil belajar diambil dari skor PAS pada mata pelajaran biologi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat analisis, dan uji regresi korelasi multivariat untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperolehadanyakorelasi yang kuat antara kecerdasan naturalis dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi siswadengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,601. Oleh karena itu, diketahui bahwakecerdasan naturalis dan kecerdasan emosional menjadi bagian penting untuk dilatihkan pada setiap proses pembelajaran.Kata Kunci: hasil belajar; kecerdasan emosional; kecerdasan naturalis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi > Artikel Dosen Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 02:27 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 02:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7892 |
Actions (login required)
View Item |