KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN CARL GUSTAV JUNG

QOMARA, AJI (2019) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN CARL GUSTAV JUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover-1dll.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam memecahkan masalah trigonometri ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengisian kuesioner kepribadian Carl Gustav Jung dan tes kemampuan penalaran matematis. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner kepribadian Carl Gustav Jung dan soal tes kemampuan penalaran matematis. Tempat pelaksanaan penelitian di SMA Negeri 1 Kedungreja, subjek dalam penelitian ini yaitu diambil dari kepribadian ekstrovert dan introvert sampai diperoleh data jenuh yakni sebanyak dua orang peserta didik untuk mewakili tiap kepribadian ekstrovert maupun introvert yang diambil dari kelas X MIPA 5 dengan pertimbangannya yaitu peserta didik yang memiliki nilia tertinggi PTS yang ada pada setiap tipe kerpibadian ekstrovert maupun inttrovert, aktivitas dalam penelitian ini adalah kegiatan subjek dalam pengisian kuesioner kepribadian Carl Gustav Jung dan pengerjaan soal tes kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : antara kedua subjek telah mampu menguasai indikator penalaran deduktif namun belum sepenuhnya menguasai penalaran induktif, sedangkan perbedaan indikatornya adalah SI belum mampu menguasai indikator memanipulasi matematika dan SE belum mampu menguasai indikator mengajukan dugaan dan memanipulasi matematika. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, ekstrovert, introvert.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:45
Last Modified: 05 Sep 2019 07:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item