HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA

Hidayati, Nurul and Mustofa, Romi Faisal and Putra, Rinaldi Rizal (2021) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA. JurnalPendidikanBiologiUniversitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia, 12 (3). pp. 174-181. ISSN 2540-9271

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berupa penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan metakognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XI MIPA MAN 1 Kota Tasikmalaya. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive samplingdengan mengambil kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 berjumlah 43 peserta didik. Data penelitian diambil secara non-tes, memberikan 2 (dua) jenis angket kepada peserta didik. Angket self-efficacy sebanyak 27 item pernyataan dan angket metakognitif sebanyak 52 item pernyataan yang mana sebelumnya kedua instrumen tersebut telah dilakukan validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan metakognitif sebesar 0,469. Dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi variabel self-efficacy terhadap variabel metakognitif sebesar 22%

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi > Artikel Dosen Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:43
Last Modified: 26 Dec 2022 08:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7887

Actions (login required)

View Item View Item