PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM INDERA MANUSIA Studi Eksperimen di Kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018 (The Impact of Guided Inquiry Learning Models on Student’s Critical Thinking Skills and Retention in Concept of Human Sensory Systems)

Wahyuni, Vina Amalia and Surahman, Endang and Mustofa, Romi Faisal (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM INDERA MANUSIA Studi Eksperimen di Kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018 (The Impact of Guided Inquiry Learning Models on Student’s Critical Thinking Skills and Retention in Concept of Human Sensory Systems). Bioedusiana Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (2). pp. 72-78. ISSN 2684-7604

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM INDERA MANUSIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan retensi peserta didik pada konsep sistem indera manusia di kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan Juni 2018 di MAN 1 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu, kelas XI MIA 4 dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan kelas XI MIA 5 dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran direct instruction, yang diambil dengan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis dan retensi peserta didik pada konsep sistem indera. Tes kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan soal uraian sebanyak 12 nomor, dan retensi diukur dengan menggunakan soal uraian singkat sebanyak 24 nomor. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANCOVA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan, ada pengaruh pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan retensi peserta didik serta ada hubungan kemampuan berpikir kritis dengan retensi peserta didik pada konsep sistem indera manusia di kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi > Artikel Dosen Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:27
Last Modified: 26 Dec 2022 08:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7884

Actions (login required)

View Item View Item