PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Sari, Nisa Kamila (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
172121061_NISA KAMILA SARI_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nisa Kamila Sari. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun Puisi dan Menulis Puisi dengan Memperhatikan Unsur Pembangunnya (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengacu pada kurikulum 2013 edisi revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMA kelas X ialah teks puisi. Terdapat pada kompetensi dasar 3.17, yaitu menganalisis unsur pembangun puisi dan kompetensi dasar 4.17, yaitu menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap kompetensi menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya pada peserta didik kelas X SMKS Padakembang Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan ialah eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik tes dengan sumber data siswa SMKS Padakembang tahun ajaran 2020/2021. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai pada nilai pretes dan pascates. Nilai rata-rata prates pada kelas eksperimen untuk kompetensi dasar menganalisis unsur pembangun puisi adalah 34,21, sedangkan nilai rata-rata pascatesnya adalah 78,64, sehingga terjadi kenaikan nilai sebesar 44,43. Selanjutnya untuk kompetensi dasar menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya nilai rata-rata prates ialah 59,67 sedangkan nilai rata-rata pascatesnya 83,03. Dengan demikian, terdapat kenaikan nilai 23,36 untuk kompetensi dasar menulis puidi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Pada kelas kontrol untuk nilai rata-rata prates menganalisis unsur pembangun puisi adalah 33,39 sedangkan nilai rata pascatesnya 71,21. Nilai rata-rata prates di kelas kontrol untuk menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya adalah 59,6 sedangkan nilai rata-rata pascatesnya adalah 72,07. Dengan demikian terdapat peningkatan nilai pada kelas kontrol sebesar 37,82 untuk kompetensi dasar menganalisis unsur pembangun puisi dan untuk menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya terdapat peningkatan nilai sebesar 12,47. Berdasarkan hasil uji W (Wilcoxon) diketahui bahwa dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi diperoleh hasil W (0) < 89,89 dalam taraf signifikasi 0,01 (28). Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunya pada peserta didik kelas X SMKS Padakembang Kab. Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Artinya, hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Dec 2022 08:47
Last Modified: 22 Dec 2022 08:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7863

Actions (login required)

View Item View Item