HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Majenang, Tahun Ajaran 2020/2021)

KOMARUDIN, KOMARUDIN (2021) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Majenang, Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
A4_KOMARUDIN_DRAF_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KOMARUDIN. 2021. HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 MAJENANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi karena, adanya pemahaman kurang tepat bahwa pencapaian hasil belajar yang tinggi yang diraih peserta didik selalu diidentikan dalam bentuk kemampuan intelektual yang tinggi, pembelajaran daring yang dilaksanakan ditengah pandemi covid-19 seringkali membuat peserta didik menjadi kurang terkendali dalam mengontrol emosinya. Kedua permasalahan tersebut, berdampak pada kualitas pembelajaran dan pencapaian hasil belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem gerak manusia. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Majenang sebanyak 208 peserta didik yang terbagi kedalam 6 kelas. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas XI MIPA 3 sebanyak 34 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi kuesioner kecerdasan emosional terdiri dari 27 pernyataan. Setiap item memiliki alternatif jawaban yang menunjukkan derajat kesesuaian atau ketidaksesuaian pada diri subjek. Sedangkan, soal tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda terdiri dari 30 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan kekuatan hubungan kedua variabel adalah kuat. Kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 41,1% terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem gerak manusia sedangkan sisanya 58,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Materi Sistem Gerak Manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:22
Last Modified: 22 Dec 2022 06:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7848

Actions (login required)

View Item View Item