HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

MULYANI, RIMA (2021) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Draft Skripsi Rima Mulyani fix-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK RIMA MULYANI. 2021. HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Rendahnya hasil belajar yang dicapai peserta didik menyebabkan kualitas pendidikan dan sekolah menjadi rendah. Tinggi dan rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekternal, salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah keterampilan komunikasi interpersonal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan komunikasi interpersonal dan hasil belajar peserta didik pada materi sel dikelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh kelas Xl MIPA sebanyak 7 kelas dan sampel sebanyak 1 kelas berjumlah 36 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket keterampilan komunikasi interpersonal. Angket keterampilan komunikasi interpersonal terdiri dari 31 pernyataan menggunakan pengukuran skala Likert dan hasil belajar di dapatkan dari nilai ulangan materi sel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara keterampilan komunikasi interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada materi sel dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,509 dengan kategori hubungan yang sedang. Kata Kunci: Hasil Belajar; Hubungan; Keterampilan Komunikasi Interpersonal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:20
Last Modified: 22 Dec 2022 06:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7837

Actions (login required)

View Item View Item