KORELASI KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2020/2021)

FADLIKA, RISTI HILDA (2021) KORELASI KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI RISTI HILDA FADLIKA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK RISTI HILDA FADLIKA. 2021. KORELASI KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kemampuan argumentasi dan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sel di kelas XI MIPA SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 – Januari 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XI MIPA sebanyak 4 kelas dan sampel sebanyak 1 kelas berjumlah 38 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan kelas sampel yaitu kelas dengan nilai rata-rata raport terendah, karena pada kelas ini memiliki hasil belajar yang rendah, motivasi belajar rendah, keaktifan bertanya maupun mengemukakan pendapat peserta didik yang kurang dan kemampuan literasi yang rendah dibandingkan kelas lainnya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes soal uraian kemampuan argumentasi yang mengacu pada indikator Toulmin dan tes soal uraian kemampuan literasi sains yang mengacu pada PISA. Hasil kemampuan argumentasi diukur menggunakan tes berupa soal uraian pada materi sel terdiri dari 13 soal dan hasil kemampuan literasi sains diukur menggunakan tes berupa soal uraian pada materi sel terdiri dari 16 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan argumentasi dengan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sel dengan koefisien korelasi sebesar 0,426 dengan kategori sedang. Kata Kunci: Korelasi; Kemampuan Argumentasi; Kemampuan Literasi Sains

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:20
Last Modified: 22 Dec 2022 06:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7834

Actions (login required)

View Item View Item