NUR’ANIA, SELVINA WIDIASTRI (2021) ANALISIS KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER DLL.pdf Download (600kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (302kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (253kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK SELVINA WIDIASTRI NUR’ANIA. 2021. ANALISIS KELANCARAN PROSEDUAL MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelancaran prosedural matematis peserta didik ditinjau dari kemandirian belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes kelancaran prosedural matematis, angket kemandirian belajar, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu soal tes kelancaran prosedural matematis dan angket kemandirian belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 2 Tasikmalaya. Penentuan subjek berdasarkan hasil analisis kelancaran prosedural matematis yang mampu menjawab soal dengan memenuhi tiga indikator kelancaran prosedural matematis terlepas dari jawaban benar atau salah, dilihat dari kategori kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah, serta mempertanggung�jawabkan pekerjaannya sehingga dapat memberikan informasi yang lengkap dan jelas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelancaran prosedural matematis pada (1) subjek dengan kategori kemandirian belajar tinggi dapat memenuhi tiga indikator kelancaran prosedural matematis dengan menentukan langkah pengerjaan dengan benar, melakukan perhitungan secara tepat karena subjek memeriksa kembali jawaban, (2) subjek dengan kategori kemandirian belajar sedang dapat memenuhi tiga indikator kelancaran prosedural matematis dengan menentukan langkah pengerjaan dengan benar, melakukan perhitungan secara tepat namun subjek seringkali ragu dan tidak mampu mengingat kembali satuan yang harus digunakan (3) subjek dengan kategori kemandirian belajar rendah dapat memenuhi tiga indikator kelancaran prosedural matematis dengan menentukan langkah pengerjaan dengan benar namun tidak dapat melakukan perhitungan secara tepat karena subjek merasa putus asa, ragu, dan tidak memeriksa kembali jawaban. Kata Kunci: Kelancaran Prosedural Matematis, Kemandirian Belajar, Bentuk Aljabar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 04:50 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 04:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7829 |
Actions (login required)
View Item |