PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI SERTA MENCERITAKAN KEMBALI TEKS CERITA RAKYAT (HIKAYAT). (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMK Islam Madani Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Ramadhan, Dinar Rizky (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI SERTA MENCERITAKAN KEMBALI TEKS CERITA RAKYAT (HIKAYAT). (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMK Islam Madani Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Dinar Rizky Ramadhan. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Nilai�nilai dan Isi Serta Menceritakan Kembali Teks Cerita Rakyat (HIkayat). (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X Semester 1 SMK Islam Madani Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah teks cerita rakyat (hikayat). Secara tersurat kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam teks cerita rakyat (hikayat) merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas X pada semester 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) terhadap kemampuan mengidentifiksi nilai-nilai dan isi serta menceritakan kembali teks cerita rakyat (hikayat) pada peserta didik kelas X semester 1 SMK Islam Madani Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen sungguhan (true experiment) yang sumber datanya berasal dari populasi dan sampel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 1 SMK Islam Madani Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 dan sampelnya adalah kelas X MM sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL sebagai kelas kontrol yang ditentukan berdasarkan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil pengolahan data statistika diperoleh nilai rata-rata postes kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai dan isi serta menceritakan kembali teks cerita rakyat (hikayat) di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata postes mengidentifikasi nilai-nilai dan isi teks cerita rakyat (hikayat) di kelas kontrol sebesar 54,9 dan di kelas eksperimen sebesar 78,5, sehingga terdapat perbedaan sebesar 23,6. Sedangkan nilai rata-rata postes menceritakan kembali teks cerita rakyat (hikayat) di kelas kontrol sebesar 70,1, dan di kelas eksperimen sebesar 76,1, sehingga terdapat perbedaan sebesar 6. Melalui uji normalitas diketahui perbedaan data yang diperoleh berdistribusi tidak normal sehingga pengolahan data dilanjutkan dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai W hitung = 0 < W daftar = 107,29. Hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran informatif tipe Think, Talk, Write (TTW) efektif terhadap pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam teks cerita rakyat (hikayat).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:49
Last Modified: 21 Dec 2022 04:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item View Item