Kusumawarni, Yudanti (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMK Nurul Arif Salam Padayungan Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI YUDANTI 162121106.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Yudanti Kusumawarni. 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Isi dan Aspek Kebahasaan serta Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Peserta Didik Kelas X SMK Nurul Arif Salam Padayungan Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat beberapa macam teks yang dipelajari di kelas X salah satunya adalah teks laporan hasil observasi. Peserta didik dituntut harus mampu memahami dan memproduksi sebuah teks yang dipelajari, begitu pula teks laporan hasil observasi. Hal ini tertuang dalam kompetensi dasar 3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi, dan 4.2 Mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan. Peserta didik di kelas X SMK Nurul Arif Salam belum semua mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB), maka dari itu dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X SMK Nurul Arif Salam Padayungan Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan tes. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas maupun hasil belajar peserta didik yang diharapkan. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu KD pengetahuan 3.2 menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi sebanyak 15 orang (75%) berhasil mencapai KKB dan sebanyak 5 orang (25%) belum mencapai KKB. Pada KD keterampilan 4.2 mengonstuksi teks laporan hasil observasi siklus kesatu sebanyak 15 orang (75%) berhasil mencapai KKB dan sebanyak 5 orang (25%) belum berhasil mencapai KKB. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan yaitu sebanyak 20 orang (100%) peserta didik mencapai nilai KKB 75 yang telah ditentukan sekolah. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X SMK Nurul Arif Salam tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 04:49 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 04:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7826 |
Actions (login required)
View Item |