SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN WEIGHTED PRODUCT (STUDI KASUS: SMK AL-KHOERIYAH KOTA TASIKMALAYA)

Tri Novira, Sinta (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN WEIGHTED PRODUCT (STUDI KASUS: SMK AL-KHOERIYAH KOTA TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (389kB)
[img] Text
05.06 ABSTRAK.ABSTRACT.pdf

Download (11kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (195kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Semakin banyak jurusan pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membuat siswa sulit menentukan jurusan yang tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kebanyakan siswa hanya mengikuti teman untuk memilih jurusan sehingga memungkinkan siswa merasa tidak cocok setelah masuk jurusan tersebut bahkan sampai melakukan pindah jurusan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan perhitungan nilai dan kemampuan yang dimiliki siswa untuk membantu menentukan jurusan di SMK yang tepat. Sistem ini mengimplementasikan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Weighted Product (WP). Perbedaan penelitian ini dengan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya adalah studi kasus, penggunaan kriteria, metode pengujian, dan tingkat akurasi dalam sistem pendukung keputusan yang akan dibuat. Studi kasus dalam penelitian ini berlokasi di SMK Al-Khoeriyah Kota Tasikmalaya. Kriteria dalam penelitian ini memiliki lima kriteria, yaitu nilai UN, nilai akademik, pengetahuan umum, buta warna, dan keterampilan komputer. Metode pengujiannya juga berbeda dengan penelitian terkait sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode black-box testing berdasarkan alpha dan beta testing yang tentunya juga menghasilkan tingkat akurasi berbeda dengan penelitian yang sebelumnya. Sistem membutuhkan beberapa input berupa Nilai UN, Nilai Akademik, Pengetahuan Umum, Buta Warna, dan Keterampilan Komputer. Hasil dari sistem berupa nilai rekomendasi jurusan yang tepat sesuai dengan kemampuan siswa. Output dari penelitian ini merupakan sistem pendukung keputusan untuk memberikan rekomendasi jurusan yang tepat sesuai kemampuan siswa dengan menggunakan metode AHP dan WP, sehingga menghasilkan tingkat akurasi sebesar 83,33% yang diperoleh dari 84 Siswa Kelas X SMK Al-Khoeriyah Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Analytical Hierarchy Process, Indeks Konsistensi, Weighted Product, Pemilihan Jurusan SMK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2019 06:10
Last Modified: 05 Sep 2019 06:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item