ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK

AMALIA, MIA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
MIA AMALIA - 162151010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MIA AMALIA. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy Peserta Didik”. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari self-efficacy peserta didik pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksploratif dengan pendekatan think aloud. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self-efficacy, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan angket self-efficacy. Pengambilan subjek dalam penelitian ini berdasarkan purposive. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kategori tinggi, sedang, dan rendah mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis telepas dari jawaban benar atau salah. Pada indikator memberikan penjelasan sederhana kategori tinggi mampu memfokuskan 4 pertanyaan, kategori sedang mampu memfokuskan 3 pertanyaan, dan kategori rendah mampu memfokuskan 2 pertanyaan. Selain itu pada indikator menentukan strategi dan teknik kategori tinggi mampu menggunakan strategi ataupun langkah-langkah yang tepat dalam menyelesaikan pertanyaan serta lengkap dan benar dalam mengerjakannya, kategori sedang mampu menggunakan langkah-langkah pengerjaan yang tepat namun salah dalam mengerjakannya dan kategori sedang mampu menentukan langkah-langkah dengan lengkap namun terdapat kesalahan yang membuat jawabannya salah. Dan pada indikator menyimpulkan kategori tinggi dan sedang mampu memberikan argumen yang logis, relevan, dan akurat dalam menyimpulkan dan kategori rendah mampu membuat kesimpulan dari 2 pertanyaan. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Self-efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:17
Last Modified: 20 Dec 2022 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7811

Actions (login required)

View Item View Item