ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK

FEBRIANI, DWI ALDILA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi Dwi Aldila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK DWI ALDILA FEBRIANI. 2021. “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK”. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan Self-confidence peserta didik pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self�confidence, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan angket self-confidence. Pengambilan subjek dalam penelitian ini berdasarkan purposive dengan pertimbangan peserta didik yang dijadikan subjek penelitian merupakan peserta didik yang mampu mengerjakan tes dengan ketercapaian langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya terlepas dari benar atau salah untuk mewakili setiap kategori self-confidence dan dapat mempertanggung jawabkan pekerjaannya sehingga dapat memberikan informasi yang jelas dan lengkap. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek penelitian yang memiliki self-confidence tinggi (S16) mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis menggunakan empat langkah pemecahan masalah menurut Polya, subjek penelitian yang memiliki self-confidence sedang (S07) mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dua langkah pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah dan menyelesaikan strategi penyelesaian masalah dan subjek penelitian yang memiliki self-confidence rendah (S14) hanya mampu menggunakan satu langkah pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis , Self-Confidence

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:58
Last Modified: 20 Dec 2022 06:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7806

Actions (login required)

View Item View Item