PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Atmosfer di Kelas X SMA Negeri 1 Cigudeg Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor)

FUZIAWATI, FUZIAWATI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Atmosfer di Kelas X SMA Negeri 1 Cigudeg Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi_Fuziawati_162170054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Fuziawati.2020. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Atmosfer di Kelas X SMA Negeri 1 Cigudeg Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor) Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Geografi di kelas X SMA Negeri 1 Cigudeg Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor.Hal tersebut didugadisebabkan olehproses pembelajaran yang belum melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada materi Atmosfer di kelas X SMA Negeri 1 Cigudeg Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu True Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, kuisioner,studi dokumentasi, dan studi literature. Analisis data dilakukan dengan uji t. Populasi penelitian terdiri dari 196peserta didikkelas X IPS, dengan jumlah sampel sebanyak 62 peserta didik yang dibagi kedalam dua kelas yaitu 29peserta didikdikelas kontrol dan 33peserta didikdikelas eksperimen. Penentuan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap tingkat pemahaman peserta didik yang dilakukan dengan menggunakan analisis uji t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,021< 0,05 artinya ha diterima (ada pengaruh) hipotesis terbukti. Penggunaan model pembelajaran kooperatiftipe Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada materi Atmosfer yang dilihat dari tujuh kategori : menafsirkan (Interpreting), memberikan contoh (Exemplifying), mengklasifikasikan (Classifying), meringkas (Summarisin), menarik inferensi (Inferring), membandingkan (Comparing), dan menjelaskan (Explaning). Artinya semakin baik penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), maka semakin tinggi terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada materi Atmosfer di kelas X SMA Negeri 1 Cigudeg Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. Kata Kunci :Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD), Tingkat Pemahamann

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:35
Last Modified: 20 Dec 2022 04:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7804

Actions (login required)

View Item View Item