MAHERAWATI, LUTFI RIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN SIFAT KEPENDUDUKAN JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI LUTFI FIX PRINT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Lutfi Ria Maherawati, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pokok Bahasan Sifat Kependudukan Jepang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Design dimana desain ini mempunyai kelompok control, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengukur prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMAN 10 Tasikmalaya Pengolahan data dibantu dengan menggunakan SPSS versi 25.0 dengan maksud untuk mempermudah proses pengolahan datanya. Hasil penelitian yang sudah dilakukan dikelas eksperimen menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap Hasil belajar peserta didik dengan tes awal (pretest) nilai rata-rata 55,67 setelah diberikan perlakuan menggunakan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) maka tes akhir (posttest) dengan nilai 81,28. Hasil Uji Hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan treamen (berpengaruh). Hal ini dapat dilihat juga pada hasil statistic deskriptif, dimana untuk posttest kelas eksperimen rata-ratanya 81,28 dari pada posttest kelas kontrol rata-ratanya sebesar 55,34 Jadi lebih besar sesudah dilakukan treatmen. Berdasarkan uji Gain juga diperoleh nilai Asymp Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara penggunaan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan Metode pembelajaran ceramah. Karena ada perbedaan artinya, ada perbedaan efektifitas yang signifikan antara penggunaan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan Metode pembelajaran ceramah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka penerapan Metode pembelajaran Sosiodrama dapat dijadikan pilihan bagi Guru Sejarah dalam melaksanakan pembelajaran Sejarah dalam meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : model pembelajaran Teams Game Tournament, hasil belajar, pembelajaran sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:06 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7797 |
Actions (login required)
View Item |