PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C di PKBM GEMA

NAFISA, ZULFA (2022) PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C di PKBM GEMA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ZULFA NAFISA. 2022. PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C di PKBM GEMA. Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan membosankan berakibat pada ketidaktercapaian tujuan pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang masih rendah, ditandai dengan nilai yang diperoleh peserta didik kurang dari KKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan metode drill pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik paket C di PKBM Gema. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen two group posttest only design yang merupakan salah satu bentuk dari true experimental design. Dimana terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh, dimana pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan semua populasi sebagai sampel karena jumlah populasi yang relatif sedikit, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 34 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk uraian yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial parametik dengan analisis Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 85,91 dengan kategori baik dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 63,91 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan analisis data dengan Uji T dapat diketahui bahwa nilai

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:05
Last Modified: 20 Dec 2022 04:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7788

Actions (login required)

View Item View Item