SAYYIDAH, LIA SITI (2022) PORTRAYING ENGLISH PROGRAM THROUGH DARUSSALAM GOES ENGLISH (DGE): EXPLORATORY CASE STUDY IN ONE OF THE ISLAMIC BOARDING SCHOOLS AT TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (205kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (122kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (159kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (148kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (158kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (329kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (224kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (177kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK LIA SITI SAYYIDAH, 2022. “Portraying English Program through Darussalam Goes English (DGE): Exploratory Case Study in One of the Islamic Boarding Schools at Tasikmalaya”. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga yang menunjang pendidikan dengan bersistem asrama dan didukung dengan materi pembelajaran baik dalam bidang akademik maupun keagamaan. Banyak pondok pesantren yang mewajibkan siswanya untuk berkomunikasi dengan bahasa arab maupun bahasa Inggris. Untuk meningkatkan bahasa Inggris siswa, maka pondok pesantren menyelenggarakan program peningkatan bahasa yaitu Darussalam Goes English (DGE) yang selalu diselenggrakan setiap tahunnya. DGE merupakan sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Pondok pesantren berusaha mendatangkan para tutor dari kampung Inggris Pare untuk mengajar bahasa Inggris di Darussalam. Penelitian ini berfokus pada program DGE untuk mengetahui gambaran program secara lengkap agar menjadi contoh bagi pondok pesantren lainnya yang ingin mengadakan program serupa untuk peningkatan keterampilan bahasa Inggris. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis menggunakan teori Miles dan Hubberman (1994). Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan diadakannya program DGE yaitu agar siswa dapat meningkatkan keterampilan bahasa inggris dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Silabus DGE berpacu pada Global English dan para tutor merancang silabus satu bulan sebelum program dimulai. Materi yang diberikan berdasar pada peningkatan keterampilan bahasa inggris siswa yang didukung oleh beberapa subjek pembelajaran seperti vocabulary, pronunciation and speaking. Selain itu ada beberapa kegiatan diluar kelas seperti public speaking, English outdoor learning, group discussion, role play, outbound and farewell party. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu student centre, teacher centre, and drilling. Tutor dan murid berperan penting dalam proses pembelajaran selama program sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Lingkungan pembelajaran bahasa didukung oleh peraturan, konsekuensi, evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh tutor, sehingga siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kata Kunci: Program DGE, Pondok Pesantren.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 08:16 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 08:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7758 |
Actions (login required)
View Item |