PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Solihah, Laila (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Walaupun demikian, pada kenyataannya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 belum mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengolahan data, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat terbukti kebenarannya dengan melihat hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 16 orang (50%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 16 orang (50%). Pada pembelajaran menyimpulkan isi teks berita terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 24 orang (75%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 8 orang (25%). Pada siklus kedua kompetensi dasar 3.1 mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan 4.1 menyimpulkan isi teks berita hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik yang berjumlah 32 orang (100%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yaitu 78. Data di atas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita dari siklus kesatu ke siklus kedua. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:16
Last Modified: 05 Sep 2019 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item