KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI NOLTING DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPKIR KRITIS MATEMATIK

UTAMI, TIARA FUTRI (2022) KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI NOLTING DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPKIR KRITIS MATEMATIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN .pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK TIARA FUTRI UTAMI. 2022. KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI NOLTING DALAM MENYELESAIAKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan serta penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis matematik berdasarkan Teori Nolting. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Panumbangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kritis matematik. Subjek dipilih berdasarkan teknik purposive yaitu empat peserta didik terpilih yang dianggap paling memenuhi pertimbangan menjadi subjek yang menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis matematik sesuai dengan langkah-langkah indikator kemampuan berpikir kritis matematik dan melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) Kesalahan yang dilakukan S5 adalah concept errors, application errors dan test-talking errors. Kesalahan yang dilakukan S8 adalah concept errors. Kesalahan yang dilakukan S11 adalah careless errors. Kesalahan yang dilakukan S15 adalah careless errors, dan concept errors. (2) Penyebab subjek melakukan careless errors adalah kurang ketelitian peserta didik, peserta didik tidak berhati-hati dalam proses pengerjaan baik pada saat penulisan rumus atau ketika melakukan perhitungan. Penyebab subjek melakukan concept errors adalah peserta didik tidak menangkap konsep matematika dengan benar, peserta didik baru sampai kepemahaman intrumen, yang hanya tau contoh�contoh, tetapi belum paham dengan konsep tersebut atau bahkan tidak dapat mendeskripsikannya. Penyebab subjek melakukan application errors adalah subjek tidak mengatahui asal usul suatu prinsip. Penyebab subjek melakukan test-talking errors adalah subjek tidak dapat menggunakan waktu selama tes dengan baik. Kata kunci: Kesalahan, Teori Nolting, Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:32
Last Modified: 14 Dec 2022 03:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7658

Actions (login required)

View Item View Item