PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY PADA BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ANDROID (Penelitian di Kelas VIII SMPN 1 Dayeuhkolot Tahun Ajaran 2021/2022)

HADIANTO, PRASTYO YOGO (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY PADA BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ANDROID (Penelitian di Kelas VIII SMPN 1 Dayeuhkolot Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Surat Keterangan.pdf

Download (328kB)
[img] Text
PERNYATAAN KARYA ASLI ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PRASTYO YOGO HADIANTO.2022. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ANDROID (Penelitian di Kelas VIII SMPN 1 DAYEUHKOLOT Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi media pembelajaran menggunakan augmented reality pada bangun ruang sisi datar berbasis android. Metode yang digunakan adalah research and development dengan prosedur pengembangan model waterfall yaitu komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan deploment. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Instrumen penelitian menggunakan wawancara tidak struktur terhadap guru matematika, angket uji materi, angket ahli media, angket aspek fungsional suitability, dan angket Usability. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) komunikasi dengan pendidik dimulai menganalisis permasalahan yang ada, menentukan aplikasi dan spesifikasinya, serta menganalisis kebutuhan desain, 2) perencanaan penyusunan jadwal analisis kebutuhan, mengembangkan produk, sampai pengujian, 3) pemodelan yaitu pengembangan desain yang dibutuhkan berfokus pada perancangan struktur data, arsitektur software, dan tampilan interface, 4) kontruksi yaitu hasil pengembangan desain dibangun menjadi sebuah aplikasi android menggunakan unity. Berdasarkan hasil pengujian materi media pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis android mendapatkan persentasi kelayakan materi sebesar 3,96 dengan predikat layak. Pada uji media pembelajaran mendapatkan presentasi kelayakan media sebesar 4,274 dengan predikat sangat layak. Pada uji functional suitability semua fungsi berjalan dengan baik dan benar, uji cohen kappa sempurna. Hasil pengujian performance efficiency dapat dilihat penggunaan memory pada smartphone membutuhkan 98,39 sampai dengan 98,91 MB. Hasil pengujian compatibility tidak adanya error sistem atau aplikasi tidak berfungsi. Hasil uji usability peserta didik (pengguna) memberikan penilaian langsung tentang media ini dengan persentasi kelayakan 86,8%, dengan predikat sangat layak. 5) deployment adalah proses penyerahan aplikasi ini dengan cara sharing ke dalam group wahtsapp yang dilakukan oleh pendidik Matematika kelas 8 SMPN 1 Dayeuhkolot. Kata kunci: Augmented Reality, Android, Bangun ruang sisi datar, waterfall

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:31
Last Modified: 14 Dec 2022 03:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7641

Actions (login required)

View Item View Item