ANALISA KERJA SIMPANG TIDAK BERSINYAL (Studi Kasus Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan. KH. E. Z. Muttaqin Kota Tasikmalaya)

HAKIM, LUTHFI NURWAN ISLAMI (2021) ANALISA KERJA SIMPANG TIDAK BERSINYAL (Studi Kasus Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan. KH. E. Z. Muttaqin Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (463kB)
[img] Text
lembar keaslian.pdf

Download (345kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (494kB)
[img] Text
daftar isi & kata pengantar.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I Luthfi.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II Luthfi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III Luthfi.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV Luthfi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V Luthfi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

ANALISA KERJA SIMPANG TIDAK BERSINYAL ”Jalan Ir. H. Juanda dan KH. E. Z. Muttaqin Kota Tasikmalaya” Luthfi Nurwan, H. Herianto, M.T1) , dan Hendra, S.T., M.sc2) . 1,2Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi e-mail : luthfinurwan1@gmail.com Abstrak Simpang Jalan Cilembang Kota Tasikmalaya merupakan simpang tiga yang mempertemukan antara Jalan Ir. H. Juanda dan KH. E. Z. Muttaqin Tasikmalaya. Simpang tiga ini merupakan jalan lokal primer yang sering dilalui oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tidak sedikit kendaraan mengalami konflik pada jam puncak yang disebabkan oleh tingginya volume lalu lintas. Untuk meminimalisir hal tersebut maka perlu adanya penelitian untuk mengkaji permasalahan di persimpangan. Jenis penelitian yang digunakan ialah observasi dimana pengambilan data primer yang dilakukkan di lapangan. Selama 4 minggu pada hari kerja dan hari libur dengan jam pelaksanaan survey 1 jam di pagi hari pada pukul 06.30 – 07.30 WIB, dan 1 jam pada sore hari pukul 15.30 – 16.30 WIB. Penggunaan kamera sebagai alat bantu perekaman data volume lalu lintas. Data lebar jalan didapatkan di lapangan dengan mengukur langsung dengan menggunakan meteran pada setiap pendekat. Ketika semua data primer dan sekunder telah didapatkan maka akan dianalisis dengan berpedoman pada MKJI 1997.Dari hasil penelitian diperoleh kapasitas terbesar sebesar 2357,92 smp/jam pada hari senin 29 April 2019 pukul 6.30 – 7.30 WIB. Dengan derajat kejenuhan terbesar sebesar 0.92. Berdasarkan hasil analisis kinerja simpang tak bersinyal berpedoman MKJI 1997, maka diperlukan suatu solusi yang dapat mengatasi permasalahan lalu lintas pada pertigaan simpang tak bersinyal agar memenuhi persyaratan yang dianjurkan oleh MKJI 1997. Kata Kunci : Derajat Kejenuhan, Kapasitas, MKJI 1997, Perhitungan setelah pelebaran 3m

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:31
Last Modified: 14 Dec 2022 03:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7638

Actions (login required)

View Item View Item