ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENALARAN ANALOGI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

KUSUMAWATI, PUJI (2022) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENALARAN ANALOGI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PUJI KUSUMAWATI. 2022. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENALARAN ANALOGI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal penalaran analogi matematis ditinjau dari gaya belajar dan karakteristik dari tiap tipe gaya belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal penalaran analogi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes penalaran analogi matematis, penyebaran angket gaya belajar, dan wawancara tak terstruktur. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas VIII-E di SMP Negeri 1 Wado yang memenuhi setiap tahapan penalaran analogi matematis serta ditemukan adanya kesalahan paling banyak dari tiap tipe gaya belajar dan dapat memberikan informasi yang rinci tentang kesalahan yang dilakukan pada saat wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya belajar auditorial melakukan kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban, selain itu memiliki karakteristik mudah terganggu oleh keributan, menggerakan bibir saat membaca, merasa kesulitan dalam menulis namun hebat dalam berbicara. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik melakukan kesalahan memahami, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban, selain itu memiliki karakteristik berbicara dengan perlahan, berorientasi pada fisik, menggunakan jari sebagai penunjuk dan ingin melakukan segala sesuatu. Peserta didik dengan gaya belajar visual melakukan kesalahan memahami, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban, selain itu memiliki karakteristik rapi, teratur, berbicara dengan cepat dan perencana dan pengatur jangka panjang yang baik. Peserta didik tidak melakukan kesalahan transformasi karena peserta didik mampu mengubah informasi pada soal ke dalam kalimat matematika dan mampu menjelaskan proses perubahannya. Kata kunci: kesalahan, penalaran analogi matematis, gaya belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:05
Last Modified: 08 Dec 2022 06:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7596

Actions (login required)

View Item View Item