PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Jalaksana Tahun Ajaran 2021/2022)

APRILIA, FIFI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Jalaksana Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
surat pernyataan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fifi Aprilia. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK Berpikir kritis merupakan proses memperoleh pengetahuan secara mendalam yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran. Berpikir kritis sangat penting dimiliki siswa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan baik itu dalam pembelajaran maupun di kehidupan sekitarnya. Keterampilan berpikir kritis yang rendah merupakan masalah yang dialami oleh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Jalaksana. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E berbasis praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran learning cycle 5E berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang mekanik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-postest control grup. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan postest. Data yang telah terkumpul di uji dengan menggunakan uji-T. Uji T dilakukan sebanyak tiga kali. Hasil uji T posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol didapatkan bahwa nilai 8,61 dan nilai 2,657. Untuk uji T pretest posttest kelas eksperimen didapatkan bahwa nilai 26,52 dan nilai 2,654. Sedangkan untuk uji T pretest posttest kelas kontrol didapatkan bahwa nilai 15,95 dan nilai 2,659. .Karena nilai maka ditolak dan diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang mekanik. Hal ini dikarenakan dalam tahapan model pembelajaran learning cycle 5E berbasis praktikum terdapat kegiatan yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Gelombang mekanik, keterampilan berpikir kritis, learning cycle 5E, model pembelajaran, dan praktikum

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:05
Last Modified: 08 Dec 2022 06:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7585

Actions (login required)

View Item View Item