APRILIA, FIFI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Jalaksana Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (3MB) |
|
Text
surat pernyataan.pdf Download (3MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (3MB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (3MB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Fifi Aprilia. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK Berpikir kritis merupakan proses memperoleh pengetahuan secara mendalam yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran. Berpikir kritis sangat penting dimiliki siswa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan baik itu dalam pembelajaran maupun di kehidupan sekitarnya. Keterampilan berpikir kritis yang rendah merupakan masalah yang dialami oleh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Jalaksana. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E berbasis praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran learning cycle 5E berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang mekanik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-postest control grup. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan postest. Data yang telah terkumpul di uji dengan menggunakan uji-T. Uji T dilakukan sebanyak tiga kali. Hasil uji T posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol didapatkan bahwa nilai 8,61 dan nilai 2,657. Untuk uji T pretest posttest kelas eksperimen didapatkan bahwa nilai 26,52 dan nilai 2,654. Sedangkan untuk uji T pretest posttest kelas kontrol didapatkan bahwa nilai 15,95 dan nilai 2,659. .Karena nilai maka ditolak dan diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang mekanik. Hal ini dikarenakan dalam tahapan model pembelajaran learning cycle 5E berbasis praktikum terdapat kegiatan yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Gelombang mekanik, keterampilan berpikir kritis, learning cycle 5E, model pembelajaran, dan praktikum
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 06:05 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 06:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7585 |
Actions (login required)
View Item |