PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI BANGUN RUANG

Hidayat, Rahmat (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI BANGUN RUANG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

ABSTRAK RAHMAT HIDAYAT. 2022. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI BANGUN RUANG. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguuan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate dengan pendekatan inquiry pada materi bangun ruang dan mengetahui kelayakan media pembelajarannya. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model Assessment/Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar kisi-kisi wawancara studi pendahuluan dan angket penilaian kualitas media pembelajaran. Data penelitian ini bersumber dari dua ahli media, dua ahli materi, dan peserta didik kelas SMPN 14 Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis dekstop dengan nama GEOMATH. Produk dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas teknis, kualitas isi, dan kualitas instruksional. Pada penilaian teknis, ahli media meyatakan masuk pada kategori sangat layak dengan mendapat skor rata-rata 92%, sedangkan pada penilaian kualitas isi dan tujuan, ahli materi menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori layak dengan mendapat skor rata-rata 77%, dan berdasarkan angket penilaian instruksional pada uji coba tahap I dan II kepada peserta didik, media pembelajaran dinyatakan masuk pada sangat layak dengan masing-masing mendapat skor rata-rata 82% dan 85% sehingga media pembelajaran berbasis adobe animate dengan pendekatan inquiry dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran interaktif, Adobe Animate, pendekatan inquiry, bangun ruang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:41
Last Modified: 08 Dec 2022 01:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7569

Actions (login required)

View Item View Item