PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survei pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tahun Angkatan 2017)

MALTINA, AMIK (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survei pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tahun Angkatan 2017). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN & PERNYATAAN.pdf

Download (735kB)
[img] Text
5. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (418kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (574kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (402kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (756kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)

Abstract

ABSTRAK Amik Maltina. 2022. “Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi Mahasiswa Tentang Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Menjadi Guru (Survei pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun Angkatan 2017)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M. dan Kurniawan, S.Pd., M.M., FKIP Universitas Siliwangi adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang mempersiapkan lulusannya unggul dalam bidang Pendidikan dan kewiraushaan namun pada mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi tahun Angkatan 2017 sebanyak lebih dari 50% tidak berminat untuk menekuni profesi pada bidang Pendidikan maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh dari efikasi diri terhadap minat menjadi guru. 2) Pengaruh persepsi tentang kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru 3) Pengeruh efikasi diri dan persepsi tentang kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini diakukan kepada Mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi tahun Angkatan 2017 berjumlah 1055, menggunakan Metode penelitian survey dengan desain survey eksplanatori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling acak sederhana dan dihitung menggunakan Rumus Taro Yamane dengan jumlah sampel sebanyak 290. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan secara parsial Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi Tahun Angkatan 2017. Ditunjukkan dengan lebih besar dari atau 9,035 > 1,968 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh signifikan secara parsial Persepsi Mahasiswa tentang Kesejahteraan Guru terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi 2017. Ditunjukkan dengan lebih besar dari atau 3,434 > 1,968 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan Efikasi Diri dan Persepsi Mahasiswa tentang Kesejahteraan Guru terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi Tahun Angkatan 2017. Ditunjukkan dengan lebih besar dari atau 76,188 > 3,027. Kemudian untuk hasil uji koefisien determinasi (R²) didapatkan nilai 0,347. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Efikasi Diri dan Persepsi Mahasiswa tentang Kesejahteraan Guru memiliki pengaruh secara simultan terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi Tahun Angkatan 2017. Kata Kunci: Efikasi Diri, Persepsi Tentang Kesejahteraan Guru, Minat Menjadi Guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:13
Last Modified: 06 Dec 2022 06:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7536

Actions (login required)

View Item View Item