PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

DIMITRI, KARINA RAHMA (2022) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN & PERNYATAAN.pdf

Download (698kB)
[img] Text
5. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (132kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (112kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (251kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (393kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)

Abstract

ABSTRAK Karina Rahma Dimitri. 2022 “Pengaruh Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri Terhadap Motivasi Belajar (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)” Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M. M. dan Raden Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Motivasi merupakan tahap awal dalam belajar yang memberikan dorongan kepada siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang dapat mempengarui keberhasilan siswa, seseorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi, adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjuan hasil yang baik, siswa yang kurang termotivasi memiliki ciri-ciri tertentu dalam sikap perilakunya, disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa untuk mempelajari IPS di SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian terkait siswa kelas XI IPS SMP Negeri 4 Tasikmalaya yang berjumlah 180 dan yang termasuk kedalam sampel penelitian ini adalah 180 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antar variabel diantaraya: 1) Adanya hubungan antara teman sebaya tehadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil thitung = 2.104. 2) adanya hubungan antara kepercayaan diri siswa tehadap motivasi belajar diperoleh hasil thitung = 9,447. 3) adanya pengaruh teman sebaya dan kepercayaan diri siswa terhadap motivasi belajar berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 60,7%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu teman sebaya dan kepercayaan diri dapat berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Teman Sebaya, Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:13
Last Modified: 06 Dec 2022 06:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7534

Actions (login required)

View Item View Item