PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA TASIKMALAYA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

ERLANGGA, GAGAS (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA TASIKMALAYA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (92kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR ISI & TABEL.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)

Abstract

ABSTRAK Gagas Erlangga. (2022). Skripsi. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Bantuan Media Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Rendra Gumilar, M.Pd dan Betanika Nila Nirbita, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan media visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 3 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pokok manajemen antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan perolehan rata-rata nilai Postest kelas eksperimen sebesar 90, 53 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata nilai Posttest sebesar 81, 87. Selain itu berdasarkan uji Independent Samples T Test diperoleh nilai signifikansi (2-Tailed) 0, 000 < 0, 05. Dari hasil analisis dan perhitungan tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan media visual efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. hal ini terjadi karena dalam prosesnya pembelajaran lebih berpusat kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat lebih aktif membangun pengetahuannya melalui proses diskusi. Bantuan media visual juga dapat menunjang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penggunaan media visual ini dapat memperjelas makna terhadap materi yang dibahas. Kata Kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning, Media Visual

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:13
Last Modified: 06 Dec 2022 06:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7525

Actions (login required)

View Item View Item