EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Sundha, Dienda Antika (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
JILID.pdf

Download (69kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DIENDA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN DIENDA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Dienda Antika Sundha, 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Daring Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun dan Menulis Puisi. (Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 20212022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMA kelas X adalah teks puisi, hal tersebut telah tercantum dalam Kurikulum 2013 revisi. Materi teks puisi terdapat pada kompetensi dasar 3.17, yakni menganalisis unsur pembangun puisi dan kompetensi dasar 4.17, yakni menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model pembelajaran daring Flipped Classroom terhadap kompetensi menganalisis unsur pembangun dan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal. Hasil pengolahan data yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai pada nilai pretest dan postest. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen KD 3.17 adalah 58,31. Sedangkan nilai rata-rata postest adalah 86,25. Dari data tersebut terjadi kenaikan sebesar 35,92. Kemudian untuk KD 4.17 nilai rata-rata presest adalah 62,71. Sedangkan nilai postest adalah 80. Dari data tersebut terjadi kenaikan sebesar 17,43. Kesimpulan dari data tersebut adalah pada KD 3.17 dan 4.17 terdapat peningkatan nilai sebesar 53,21. Sementara itu, nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol KD 3.17 adalah 46,62. Sedangkan nilai rata-rata postest adalah 82,54. Dari data tersebut terjadi kenaikan sebesar 27,94. Kemudian untuk KD 4.17 nilai rata�rata presest adalah 62,57. Sedangkan nilai postest adalah 80. Dari data tersebut terjadi kenaikan sebesar 17,29. Kesimpulan dari data tersebut adalah pada KD 3.17 dan 4.17 terdapat peningkatan nilai sebesar 45,37. Hasil uji normalitas data menganalisis unsur pembangun dan menulis puisi tersebut, ternyatadiketahui tidak berdistribusi normal. Dengan demikian penghitungan data dilanjutkan dengan menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil uji wilcoxon, diketahui bahwa dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi diperoleh hasil Whitung(0) < 156,64 dalam taraf signifikansi 0,05 (35). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran daring Flipped Classroom efektif digunakan terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun dan menulis puisi pada peserta didik kelas SMA Negeri 1 Karangnunggal, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:24
Last Modified: 17 Nov 2022 04:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7411

Actions (login required)

View Item View Item