Ayuni, Tasha Fuji (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Daarul Falaah Sukaratu Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (183kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (146kB) |
|
Text
2. SURAT KETERANGAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (202kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (337kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (195kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Tasha Fuji Ayuni, 2022. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Daarul Falaah Sukaratu Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengacu pada silabus dan kurikulum Bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP/MTs, yaitu mengidentifikasi informasi teks deskripsi dan menentukan isi teks deskripsi. Tetapi, pada kenyataannya belum seluruh peserta didik kelas VII di SMP Islam Daarul Falaah mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi teks deskripsi dan menentukan isi teks deskripsi pada peserta didik kelas VII di SMP Islam Daarul Falaah tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, serta tes dengan sumber data peserta didik kelas VII. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan. Berdasarkan hasil uji wilcoxon diketahui bahwa terdapat perbedaan nilai antara siklus 1 dan 2. Nilai peserta didik dalam aspek pengetahuan yaitu mengidentifikasi informasi teks deskripsi pada siklus pertama sebanyak 14 orang (63,6%) berhasil mencapai KKM dan sebanyak 8 orang (36,4%) belum mencapai KKM. Kemudian, pada siklus kedua mengalami peningkatan dengan 22 peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan yaitu menentukan isi teks deskripsi pada siklus pertama sebanyak 11 orang (50%) telah mencapai KKM dan 11 orang (50%) lainnya belum mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi peningkatan sebanyak 22 peserta didik (100%) telah mencapai nilai KKM yaitu 76. Sesuai dengan data dan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks deskripsi dan menentukan isi teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Islam Daarul Falaah tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 00:29 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 00:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7388 |
Actions (login required)
View Item |