ANALISIS PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR STENBERG DIMENSI FUNGSI

SEPTIANI, WINDA (2022) ANALISIS PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR STENBERG DIMENSI FUNGSI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (233kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (91kB)
[img] Text
9. DAFTAR GANBAR.pdf

Download (95kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK WINDA SEPTIANI. 2022. Analisis Proses Berpikir Reflektif Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Berpikir Stenberg Dimensi Fungsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif peserta didik ditinjau dari gaya berpikir Stenberg dimensi fungsi, dalam menyelesaikan soal berpikir reflektif dengan materi bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah memberikan tes berpikir reflektif, memberikan angket gaya berpikir Stenberg dimensi fungsi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, soal berpikir reflektif, angket gaya berpikir Stenberg dimensi fungsi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Pangandaran. Subjek dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas IX A yang mengerjakan komponen berpikir reflektif pada masingmasing gaya berpikir Stenberg dimensi fungsi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: proses berpikir reflektif peserta didik dengan gaya berpikir legislatif, eksekutif, dan yudisial pada tahap reacting menjelaskan yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal, menjelaskan hubungan yang diketahui dan yang ditanyakan, menjelaskan yang diketahui sudah cukup menjawab yang ditanyakan. Pada tahap elaboration/ comparing peserta didik legislatif menjelaskan jawaban pada permasalahan yang didapatkan dengan menggunkan tiga cara berdasarkan perencanaan yang kreatif dan kosntruktif sehingga dapat membuat atau menciptakan cara yang berbeda atau dapat dikatakan cara yang tidak biasa digunakan, mengaitkan pengetahuan sebelumnya untuk menjawab masalah yang ditanyakan. Pada tahap elaboration/ comparing peserta didik eksekutif menjelaskan jawaban pada permasalahan yang didapatkan dengan menggunakan dua cara dengan menerapkan aturan atau rumus yang lazim digunakan untuk memecahkan masalah, mengaitkan pengetahuan sebelumnya untuk menjawab masalah yang ditanyakan. Pada tahap elaboration/ comparing peserta didik yudisial menjelaskan jawaban pada permasalahan yang didapatkan dengan menggunakan dua cara dengan membandingkan dan menilai cara yang biasanya diajarkan oleh pendidik dengan caranya sendiri, mengaitkan pengetahuan sebelumnya untuk menjawab masalah yang ditanyakan. Pada tahap contemplating peserta didik legislatif, eksekutif, dan yudisial mendeteksi kebenaran pada penentuan jawaban, memperbaiki kesalahan pada jawaban, membuat kesimpulan dengan benar. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Proses Berpikir Reflektif, Gaya Berpikir Stenberg

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:19
Last Modified: 14 Nov 2022 07:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7378

Actions (login required)

View Item View Item