ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA MATERI SPLDV

RAMDHANI, RIZQI ZULFAHMI (2022) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA MATERI SPLDV. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK RIZQI ZULFAHMI RAMDHANI. 2022. Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menurut Prosedur Newman Dalam Materi SPLDV. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menurut Prosedur Newman dan mengetahui Faktor apa saja yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan Soal Cerita Sitem SPLDV. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian soal tes SPLDV dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini peneliti sendiri dengan Instrumen pendukungnya meliputi soal cerita SPLDV. Pengambilan subjek dalam penelitian menggunakan teknik purposive, Peneliti terlebih dahulu memberikan soal cerita, kemudian setelah peserta didik menyelesaikan soal diambil subjek sebanyak 3 orang dengan pertimbangan yeng melakukan kesalahan menurut prosedur Newman dan dapat memberikan informasi dengan jelas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang melakukan kesalahan prosedur Newman yaitu: Kesalahan membaca yang dilakukan S3, Kesalahan memahami masalah yang dilakukan semua subjek, Kesalahan transformasi yang dilakukan S3 dan S9, Kesalahan keterampilam proses yang dilakukan S3 dan S9, Kesalahan penulisan jawab akhir yang dilakukan semua subjek. Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV (1) S3 kesalahan membaca S3 tidak mampu memaknai arti setiap kata, istilah dalam soal menyebabkan semua kesalahan menurut prosedur Newman (2) S9 kesalahan memahami dan kesalahan tranformasi S9 merasa tidak perlu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan menyebabkan kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. (3) S16 kesalahan memahami dan kesalahan penulisan jawaban akhir S16 merasa tidak perlu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan juga tergesa-gesa dalam menyelesaikannya sehingga keliru dalam menuliskan jawaban akhir Kata kunci: kesalahan prosedur Newman, soal cerita, persamaan linear dua variabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:13
Last Modified: 14 Nov 2022 07:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7377

Actions (login required)

View Item View Item